Tuesday, June 23, 2015

Museum Ullen Sentalu

Jalanlah ke kaliurang, tempat ini tidak bisa kamu lewatkan begitu saja dari daftar tempat yang patut dikunjungi jika lagi berada di daerah kaliurang. Ullen Sentalu adalah nama tempat yang tidak bisa kamu lewatkan itu.

 
Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku atau Ullen Sentalu bermakna nyala blencong yang menerangi. Museum Ullen Sentalu merupakan sebuah konsep dari misi pelestarian nilai dan martabat budaya Jawa. Merupakan suatu komunikator dari suatu kekayaan warisan tangible dan khususnya intangible, sehingga terjadi pertemuan antara pewaris dan warisan budaya. (sumber : http://ullensentalu.com )

Oke… simpelnya mata mata adalah pewaris dan ullen sentalu adalah tempat dimana mata mata bisa melihat warisan budayanya. Ullen Sentalu ada agar para generasi penerus dapat mengetahui secara lebih mendalam akar budaya yang ada.



Ada beberapa museum yang mata mata lihat tapi rasa yang diberikan ullen sentalu sangat berbeda. Dari awal masuk, kata "Wow" menjadi kata pertama yang keluar dari mulut mata mata. Kenapa? karena kita akan diajak memasuki ruang bawah tanah, persis seperti goa. Kita bukan hanya melihat lihat berkeliling dan membaca deskripsi dari setiap benda yang terpajang di museum atau menonton video pendek tapi kita juga bisa bertanya tentang setiap benda itu. Bagaimana bisa? Karena setiap pengunjung yang datang diwajibkan untuk dipandu oleh Pemandu yang akan bercerita tentang Ullen Sentalu, budaya Jawa dan tentang keluarga Keraton. Keren!

Sebelum tur ini kita mulai, ada baik nya kamu tau bahwa ada beberapa larangan yang diberlakukan di Ullen Sentalu, yaitu:
1.    Jangan menyentuh koleksi apalagi memaikannya.
2.    Dilarang memotret koleksi atau merekam penjelasan Pemandu.
3.    Tidak diijinkan untuk merokok, makan dan minum selama tur berlangsung.
4.   Tidak diperkenankan membawa tas besar atau ransel kedalam museum, titipkanlah   barangmu di depan pintu masuk.

Baiklah kita akan memulai tur kita.

Kita akan mengenal mataram kuno hingga mataram kini. Dimulai dari ruang seni tari dan gamelan, ada beberapa lukisan tari yang akan kamu lihat disini salah satunya adalah tari menak. Tari yang menggambarkan pertaruangan antara putri jawa dan putri china memperebutkan seorang pangeran. Kamu juga akan di kenalkan dengan gamelan yang bernama kyai kukuh

Lalu perjalanan akan dilanjutkan ke guwo selo giri. Ruang ini memamerkan karya-karya lukis dokumentasi  dari  tokoh-tokoh yang mewakili figur 4 kraton Dinasti Mataram diantaranya Sultan HB IX- Sunan PB XII, Permaisuri PB XI, KGPAA PA VII-VIII, Permaisuri HB VII, MN VII.

Setelah itu kamu akan dikenalkan dengan Putri Tineke dengan syair-syair dari bukunya, Ratu Mas PB X, Ruang Batik Surakarta dan Yogyakarta, dan Ruang Putri Dambaan atau GRAy. Siti Nurul yang menampilkan dokumentasi foto pribadi dari masa kanak-kanak hingga pernikahannya.

Kamu juga dikenalkan dengan raja-raja Mataram Sultan HB IX, Paku Buwono X, Hamengku Buwana X,  patung dan prasasti Sunan PB XII Kori dan sebagainya.


Selain itu ada juga artefak arca-arca dewa dan dewi peninggalan hindu budha.



Diakhir perjalanan mata mata, Beukenhof Restaurant menjadi tempat yang nyaman untuk meresapi semua yang telah mata mata lihat. Kekayaan warisan budaya jawa, yang banyak diantaranya baru mata mata ketahui.




Ullen Sentalu menjadi museum istimewa nan unik buat mata mata. Mungkin juga buat mu juga, Kawan Yogya. Yuk, ke Ullen Sentalu dan rasakan keistimewaannya.



Salam istimewa,
Mata mata

No comments:

Post a Comment

Traffic