Friday, June 19, 2015

Pasar Sore Ramadan Kauman

Masih tengah hari puasa, tapi pikiran mata mata sudah merencanakan berbuka apa hari ini. Mungkin sama seperti kawan yogya lainnya yang juga sudah bikin rencana berbuka apa hari ini.

Tempat ini bisa menjadi salah satu tampat untuk mencari menu untuk berbuka puasa. Namanya Pasar Sore Ramadan Kauman.


Jalanlah kearah barat dari titik nol kilometer atau ke jalan Kh. Ahmad dahlan, tidak jauh dari situ ada gang sempit yang lebarnya tak melebihi 2 meter, itulah Pasar Kauman. Kalau kawan yogya bingung, pelan pelan saja jalannya nanti kawan yogya akan melihat parkir dadakan yang sedikit membuat jalan terhambat nah itu dia pasarnya.


Pasar kauman yang hanya ada dibulan ramadan ini sudah ada sejak sekitar 70 tahun lalu. Banyak makanan dan jajanan yang akan kamu temukan disini. Makanan dan jajanan itu dijajakan para pedagang yang baris memanjang dari pintu gerbang sampai ke pertengahan kampung.

Kamu bisa menemukan macam macam pepes, pecel, capcay, mie kuning, sate, kolak, es buah, es cincau, es kelapa, kipo serta tak ketinggalan kamu juga bisa menemukan panganan khas yang hanya ada saat ramadhan saja, yaitu KICAK.


Kicak adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus, diberi gula, parutan kelapa, pandan, dan nangka. Semua bahan di campur menjadi satu menciptakan rasa gurih dan manis serta rasa kenyang bagi mata mata. ^.^


Ahh… hari ini rasanya mata mata tak akan melewatkan Pasar Kauman begitu saja… tapi tetap mata mata ingin mengingatkan diri bahwa engga boleh berlebihan beli makanan atau jajanannya, kalau mau beli banyak untuk berbagi akan lebih baik daripada dibuang karena basi.

Bagi Kawan Yogya dari luar kota yang ingin jalan-jalan ke Yogya pada saat Ramadan (biar bisa mengunjungi Pasar Kauman), matamata sedang ada program harga promo Ramadan loh untuk penyewaan mobil.

Yuk ah, keliling Yogya Istimewa.


Salam Istimewa,

Mata mata

No comments:

Post a Comment

Traffic