Sunday, September 6, 2015

Bandara Adisucipto

Tak sedikit matamata menemukan turis asing maupun lokal kebingungan dengan kondisi bandara Adisucipto (JOG) setelah mendarat. Bagaimana cara ke pusat kota? apakah bisa langsung ke tempat tujuan wisata? berapa tarif transportasinya? apa moda transportasi yang paling aman? Nah, semoga ulasan matamata kali ini dapat mengurangi kebingungan kamu tentang transportasi dari Bandara JOG.


Ada beberapa pilihan tentunya jika kawan yogya mau ke pusat kota atau langsung ke tempat wisata dari bandara, selain jalan kaki (kayak yang iya aja jalan kaki matamata.. hehehe). Jadi pilihannya adalah...

a.       Car Rental
Lebih mudah dibayangkan jika matamata mengatakannya sebagai "Taxi Plat Hitam" a.k.a mobil pribadi yang ditawarkan untuk disewa. Yup, benar kalau kamu membayangkan Innova, avanza atau mungkin xenia. Di JOG kamu dengan mudah menemukannya. Biasanya para driver taxi plat hitam ini berjajar di depan pintu kedatangan. Mereka memakai seragam, ada yang berwarna coklat atau biru.


Sistemnya tentu tawar menawar, sampai agustus 2015 tarif avanza atau sekelasnya Rp.160.000,- dari bandara ke malioboro. Lebih jauh dari itu bisa jadi tinggi tarifnya. Eits, jangan bilang mahal dulu. Bagi matamata taxi plat hitam ini cocok buat kamu yang berkunjung ke Yogya dengan lebih dari empat orang (standar taxi resmi) seperti berdelapan orang atau mungkin kamu yang datang dengan membawa banyak barang, biayanya sepadan.. coba kawan yogya hitung...

b.      Public Transportation
- Taxi

Counternya ada disebelah kanan dari pintu keluar tepatnya berada di sebelah Roti’O. Bagaimana dengan tarifnya? Tarif taxi ini telah ditentukan oleh dishub. Jika kamu ingin mengetahui tarif yang telah ditentukan coba kamu lihat di meja counter, mereka memajang tarif untuk masing masing jalan. Untuk lebih cepatnya matamata sarankan bertanya pada petugas counter.

            


     
       - Trans Jogja
yes yes... murah meriah, dengan duit Rp.3.800,- kamu bisa berkeliling yogya semau kamu. Berjalanlah terus setelah pintu keluar kedatangan jika ada menawari kawan yogya taxi maka tolaklah dengan ramah karena kan mau naik transjogja ya bukan taxi. Tak jauh dari situ kamu akan lihat pusat informasi, matamata tidak sedang mengarahkanmu untuk bertanya ke pusat informasi tapi didekatnya ada jalan ke kiri seperti sebuah lorong dengan bangunan terpisah. Masuklah hingga kamu menemukan pintu keluar dari sisi lain. dari pintu keluar kamu akan lihat halte sebelah kanan berwarna hijau kuning, itu lah halte transjogja. kamu bisa ke malioboro bahkan kamu bisa ke prambanan dengannya.

- Damri
yup tapi damri yang satu ini berbeda dengan yang ada di jakarta. Dari Bandara, Damri tidak menghantarkanmu ke pusat kota yogyakarta, tapi ke kota tujuan wisata di sekitar Yogyakarta seperti Magelang, purworejo, wonosari dsb.


  -  Kereta Api
Bisakah kawan yogya naik kereta api ke pusat kota? ya bisa, dengan catatan kalau jamnya tepat. Kalian bisa turun di stasiun lempuyangan atau stasiun tugu (yogyakarta). Jalan ke stasiun sama seperti jalan menuju halte transjogja hanya saja ketika kamu sudah dipintu keluar menolehlah ke sebelah kiri kamu akan lihat jalan ke stasiun dari situ.

Sekian penjelasan matamata, semoga dapat membantu.


Salam istimewa,

matamata

3 comments:

  1. Terima kasih mata-mata. Infonya sangat bermanfaat. Tarif bus Trans-Jogja seharga 3.800 itu masih berlaku sampai tahun 2016? Trus, ada ga hotel yang dekat dengan halte bus Trans-Jogja di Malioboro yang bisa ditempuh dgn jalan kaki? Kalau dari Malioboro mau ke bandara gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget, hotel yang kau maksud..terdekat dgn halte bus Trans-Jogja di Maliboro,..yaitu hostel/losmen di Jl Prawirotaman, Malioboro.

      Delete

Traffic