Sunday, October 18, 2015

Keindahan Sunset dan Sejarah di Candi Barong

Ini kali kedua mata mata mengunjungi Candi Barong setelah sehari sebelumnya hanya sampai pintu gerbang dan tidak diinjinkan masuk karena sudah terlalu sore.



Kali ini mata mata berangkat lebih siang dari yogyakarta, jalannya tidaklah terlalu sulit, sampai lampu merah di dekat Prambanan ambillah jalan ke kanan ikuti jalan sampai kamu menemukan petunjuk arah Candi Barong atau Abhaya Giri (Candi Barong dekat dengan Abaya Giri) ikuti saja jalan beraspal. Papan petunjuknya mata mata rasa cukup jelas hingga sedikit kemungkinan kamu tersesat.


Sampailah mata mata ke area Candi Barong, melihat sekeliling dan tak menemukan loket untuk karcis masuk, mata mata bertanya pada security yang berjaga. Ternyata tak ada loket yang artinya tak ada karcis masuk untuk melihat lihat ke area candi, cukup dengan mengisi buku tamu dan mata mata sudah diijinkan berkeliling.


Candi Barong adalah candi bercorak Hindu yang terletak di tenggara Kompleks Ratu Boko, Prambanan, Sleman, tepatnya di atas bukit di Dusun Candisari. Candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10, sebagai peninggalan Kerajaan Medang periode Mataram.


Terdapat dua bangunan candi untuk pemujaan, diperkirakan pemujaan ini kepada Dewa Wisnu dan Dewi Sri. Ketika ditemukan, candi ini telah runtuh. Pemugaran dimulai 1987 dengan menyusun kembali dua candi utama. Pemugaran selesai 1992, dilanjutkan dengan pemugaran talud dan pagar. 

Candi ini mendapatkan nama 'barong' karena bangunan utama candi memiliki hiasan kala dan makara pada setiap relung seperti umumnya candi di Jawa, yang mirip dengan barong.

Selain sejarahnya yang istimewa, mata mata juga dapat menikmati senja yang cantik disini.





No comments:

Post a Comment

Traffic