Saturday, October 17, 2015

Museum Affandi

Menjadi salah satu museum yang sudah lama ingin Mata Mata kunjungi. Niat itu akhirnya terlaksana pada kamis lalu. Berada di jalan Adi Sucipto No. 167 (Seberang UIN Sunan Kalijaga) Kawan Yogya akan mudah menemukan Museum ini karena letaknya dipinggir jalan raya. 



Harga tiket masuk museum yang awalnya adalah kediaman pribadi Sang Maestro Seni Lukis Indonesia ini adalah Rp 20ribu. Kalau ingin mengambil foto di dalam museum, harus membayar Rp 10ribu/kamera. 

Museum Affandi terbagi atas beberapa area. Area pertama atau gedung pertama, adalah tempat dimana kamu bisa menikmati lukisan karya Affandi yang menggambarkan potret dirinya dan keluarga, seperti sang istri, anak, ibu, ayah, dan ibu mertuanya. Di gedung pertama juga dipamerkan lukisan Affandi tentang keadaan kala perang kemerdekaan. 



Sang Maestro tak hanya terkenal di Indonesia, namun juga di kancah internasional. Terbukti dengan berbagai penghargaan yang diterimanya, yang juga bisa Kawan Yogya lihat di area pertama Museum.

Selain lukisan, dipamerkan juga mobil dan sepeda yang sering beliau pakai selama hidup.

Beralih ke gedung kedua. Di sini kawan Yogya dapat menikmati lukisan Affandi menggunakan tinta cina. Karya kristik ibu Maryati, istri Affandi pun ada di area ini. Ada juga televisi yang memutar film dokumenter tentang Affandi.



Area ketiga adalah menara. Dari menara ini kamu bisa melihat Sungai Gajah Wong. Nama sugai tersebut juga diambil menjadi nama salah satu galeri di Museum ini yang memamerkan lukisan karya cucu Affandi. 



Mengunjungi Museum Affandi bagi Mata Mata juga berarti berziarah. Berziarah ke makam salah satu tokoh seni Indonesia. Ya, diantara gedung pertama dan gedung kedua terdapat makam Affandi dan sang istri. 

Bagi Kawan Yogya yang menyukai seni lukis, mengunjungi museum ini mungkin akan menggugah inspirasi melukis. Bagi Kawan Yogya yang tidak mengerti lukisan, mengunjungi museum pelukis dengan aliran ekspresionis ini dapat memberi pengetahuan lebih banyak tentang salah satu tokoh membanggakan Indonesia. Yuk ke museum!


salam istimewa,
mata mata


No comments:

Post a Comment

Traffic